Akar gigi = jenggotan

Akar gigi = jenggotan

Monday, June 8, 2009

Emangnya Copywriter mesti nulis tentang Advertising?

Beberapa kali gue baca tulisan seorang copywriter yang gue kenal, hampir semuanya menulis tentang dunia advertising, dan alasan utamanya supaya terlihat eksis sebagai anak iklan.

Salah satu contohnya ada junior copywriter dari agency local, dia sering nulis tentang dunia advertising, lalu dia posting apa yang diomongin dengan siapa saja tapi itu pasti menyangkut dunia advertising. Jujur seh, kadang gue bosen ngobrol ma dia, dikit-dikit obrolannya ga jauh dari dunianya. Udah pusing kerjaan, eh mau ngobrol enak malah tetap aja ngobrolin kerjaan.

Gue sering nanya, isi blog lu kok tentang advertising mulu seh. Kenapa ga curhat tentang cowo lo atau apa kek, tapi dengan santai dia jawab, “curhat gue adalah dunia iklan, hati gue telah jatuh pada dunia ini.”

Ya siapa tau aja ada Creative Director yang baca, trus dia bisa nebak gue cinta dunia iklan.

Terlepas dari itu, menurut gue pribadi, jika kita berbincang apa saja selain dunia iklan. Malah akan lebih kerasa apa yang akan dibutuhin oleh masyarakat, obrolan akan lebih menarik dan bebas. Setelah itu, kita tinggal sisipkan deh tuh obrolan ke kerjaan. Ya maksudnya daripada terpaksa ngobrol tentang iklan mulu, jadi siapa yang diajak ngobrol pun akan lebih enak.

Terkadang gue terpaku juga, mau ngomongin copy buat iklan A, gue suka langsung nanya sama teman gue. Alhasil, teman gue malah bingung tiap mau ngomong karena dia malah mikir mau ngomong apa.

Tapi pernah suatu kali, gue pura-pura ngobrol ngalor ngidul tanya tentang dia ma cowonya. Dia langsung lancar jawabnya, tapi pas diujungnya gue bilang, “makasi yah, cerita lo gue jadiin bahan buat produk A. kayanya cocok tuh.”

Temen gue cuma jawab. Dasar tukang nipu, sama kaya iklan.

No comments: