Akar gigi = jenggotan

Akar gigi = jenggotan

Friday, July 18, 2008

Ada apa dengan saya hari ini?

Wah, apa yang mesti saya lakukan untuk hari ini ya? Waktu ternyata terus aja berputar tanpa menunggu saya berhasil. Mau berhasil aja kok ribet. Itu pikiran saya ketika saya ga bisa berbuat apa-apa. Wah ternyata kebanyakan orang bisa karena mereka memang berusaha.
Ini salah satu cerita saya bersama si Dia, saat obrolan cuma berdua. Sedikit banyak intinya seperti ini.
“Gampang saja untuk jadi berhasil”, itu kata orang yang sudah mulai menanjak kariernya. Tentunya si Dia emang dari bawah, makanya bisa bilang “Gampang saja untuk jadi berhasil”, maksudnya gampang-gampang susah kalo mau berhasil tergantung kemauan lo aja”. Syarat yang mesti lu pegang ya berikut ini:
kemauan
usaha
semangat
menikmatinya

Si Dia : Jika lu ada kemauan, pasti semuanya bisa tercapai. Tapi bukan cuma kemauan aja, lu mesti berusaha penuh semangat dan memang lu menikmatinya juga. Jangan melihat dari sallary dulu kalo mau gawe, niat belajar aja. Kalo lu dah bisa dan memang sudah pegang tuh kerjaaan, kemana-mana lu akan ditarik ma kantor lain bukan kemauan lu untuk ditarik ma kantor lain. Yang intinya lu ga usah ngelamar kerjaan ke tempat lain, tapi emang tempat lain yang ngelamar lu.
Si Saya : Lho kok bisa??
Si Dia : Dalam dunia lu sekarang gawe, bukan karna liat lu dari lulusan mana. Tapi apa yang telah lu hasilkan. Dunia gini sempit, kalo lu menang award dan orang akan liat bahwa lu bagus. Maka lu akan cepet di liat.
Si saya : kalo misalkan masalah sallary, kan kalo gede kita jadi seneng. Kerja jadi semangat.
Si Dia : nah itu dia, kebanyakan orang suka mikir nyari kerja yang sallary-nya gede aja. Terkadang suka ga berfikir, sallary gede tapi yang dihasilkan masih seuprit trus kerja hanya untuk dikejar-kejar karena duit, mau ngapain?
Kalo udah gitu kan kerja jadinya emang buat duit bukan untuk lu enjoy. Emang hidup nyari duit doang. Makanya kerja jadi ga maksimal. Kalo lu kerja emang buat belajar, ada kesalahan langsung di perbaiki. Dan ingat, kerja itu bukan dianggap suatu beban.

Terkadang banyak orang dan termasuk saya mungkin, apa yang saya mau tak saya diusahakan. Saya mau berusaha tapi ga semangat. Saya semangat tapi ga menikmatinya. Nah ketika waktu dan target sudah diambang pintu (didepan mata) baru deh saya kelagapan pengen ngerjain tuh. Dasar oncom emang, cara jaman kuliah masih dipake (sistem kebut semalem), mau maksimal tapi ga maksimal.



# ini nulis apa curhat ya?

No comments: