Akar gigi = jenggotan

Akar gigi = jenggotan

Wednesday, November 26, 2008

Presiden Guyonan

“Urip mung mampir ngguyu”


Itulah judul dari pementasan launching sebuah buku dari Butet Kartaredjasa. Jika dipikir-pikir memang bener juga. Entah ini bener dalam pengartian bahasa saya. Dan maaf juga jika salah karena saya bukan salah satu orang jawa. “Hidup itu cuma numpang tertawa”, itu adalah pengertian yang saya tangkap. Dan saya sendiri pun berpikir, iya juga yah. Kita hidup cuma untuk tertawa.

Saya dateng dengan membawa sebuah undangan, karena dalam undangan tersebut tertera “Terima kasih untuk kehadirannya. Mohon datang tepat waktu, dan membawa undangan ini. Tanpa undangan dijamin tidak kebagian kursi.” Alhasil saya juga harus membawanya. Takut ga bisa masuk dan ga dapet kursi. Sedangkan para pejabat sendiri berebut untuk dapet kursi. Nah saya yang punya undangan untuk dapet kursi, kenapa harus di sia-siakan.

Ketika memasuki Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki terdengar alunan musik Orkes Sinten Ramen dari Djaduk Ferianto. Sangat mengundang dengan secara paksa untuk segera masuk.

Awal masuk saya disuguhi dengan aksi Whani Dharmawan si grondong yang awal muncul kaya penyanyi rock dengan mengibaskan rambutnya. Saat kemunculan dia semua orang langsung tertawa, wong ngguyon. Dan cara pembacaan dari salah satu judul di buku tersebut, ia sangat mendalaminya. Applause buat Whani.

Oh iya, saya lupa. Pas masuk Djaduk bilang dan meminta doa untuk arwah eyang dari dian sastro yang berhalangan hadir karena beliau telah berpulang ke rahmatullah. Yuks berdoa untuk eyang dian sastro. Biar ga kenal tapi ga rugi juga kasih doa ke sesama manusia. Toh kita juga akhirnya dapet pahala dan pasti butuh doa dari orang yang tidak kenal sekalipun.

Mendadak trie utami di paksa untuk naik ke atas pentas, dia menyanyikan lagu..”lupa judulnya hahaha”. Penghayatan yang bagus dengan alunan musik Orkes Sinten Ramen. Sangat ngguyu, lucon…asu.

Lanjut dengan Happy Salma yang keren badannya. Dengan pakaian udel kemana-mana, dan untungnya ia ga kena UU pornografi. Tapi dalam pembacaan kurang sreg dan bikin ngantuk hehe. Maaf ya mba happy. Sayang sekali dengan cerita menarik tapi dibaca dengan datar kaya cerita biasa.

Namun dari selesainya Happy salma. Mata saya langsung terbelalak ketika melihat Slamet Rahardjo. Ini neh, yang saya tunggu. Dan memang benar juga, top-markotop buat aksinya mas slamet rahardjo. Bikin perut muter-muter dan terkesima dalam aksinya.

Saya lupa aksi si “Rapper” dari bantul. Maaf ya mas, lupa nama sampeyan. Pakaian dengan masa kini tapi muka masa gitu bikin ngakak semuanya, asu.

Akhir cerita, Butet muncul dengan ciri khasnya dan dibarengi dengan alunan musik jenaka. Baru ngguyu lagi…kocak abis. Kalo mau tau lebih jelas, baca sendiri aja bukunya. Ikutan pRomosi neh mas…

Oh iya, kalo ia tampil jaman orde baru bisa dikarungi tuh….satu yang nempel di otak saya. Jaman soeharto dan SBY sama saja. Dulu Soeharto sibuk dengan “Harta” dan jaman Susilo sibuk dengan “susila”. Itulah di balik sebuah nama..maka pilihlah nama yang bener buat anak-anak anda.

November 08

Setelah dari TIM

No comments: